5 Cara Menaikkan Berat Badan dan Hal Perlu Dihindari!

Obesitas adalah penyebab masalah kesehatan yang sering terdengar di telinga masyarakat, tapi bukan berarti seseorang yang memiliki tubuh kurus lebih aman dari pada orang yang obesitas, keduanya memiliki tingkat resiko kesetahan yang sama.

Hal ini banyak di salah pahami oleh masyarakat, karena itu pada artikel ini kita akan membahas cara menaikkan berat badan dengan aman dan tepat. Sebelum membahasnya lebih jauh, untuk kamu yang mencari cara diet sehat bisa klik disini.

Banyak sekali metode menaikkan berat badan dan banyak juga yang memiliki efek buruk bagi kesehatan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Jika kamu memimpikan memiliki berat badan yang ideal plus sehat serta sekaligus membentuk massa otot, ini adalah tantangan yang sempurna.

Pada artikel kali ini kita akan membahas metode beserta tips-tips untuk menaikan berat badan secara sehat dan aman, juga akan membahas apa saja yang perlu di hindari selama kamu melakukannya.

menaikkan-beratbadan-dengan-cepat

Bagaimana Menaikkan Berat Badan Dengan Cara Yang Sehat

Cara yang akan kita bahas ini umumnya di peruntukkan bagi orang yang memiliki berat badan kurang. Tetapi, seseorang yang sedang membangun otot tubuh juga dapat menyimak sebagai tolak ukur.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa mengkonsumsi kalori lebih banyak dari pada kebutuhan harian dapat menambah berat badan. Perlu di ingat juga kalau kebutuhan kalori setiap orang.

Untuk menaikan berat badan memerlukan kalori lebih banyak dari yang di bakar oleh tubuh, secara umum penambahan berat badan gang stabil cukup dengan mengkonsumsi 300-500 kalori lebih banyak. Jika masih kurang cepat bisa menambahkan lebih banyak lagi kalori yang mungkin hinggi 1000 kalori lebih banyak setial harinya.

Jumlah kalori yang di konsumsi setiap harinya masih banyak dari mereka yang salah memperkirakannya. Sedangkan, mengetahui asupan kalori harian sanhat berguna, dengan mengetahui kalori harian seseorang bisa menyesuaikan kecepatan menaikkan berat badan mereka secara sehat. Beberapa aplikasi berguna untuk melacak kalori harian yang tersedia gratis, kamu bisa mengunduhnya di playstore atau appstore.

Jenis makanan yang di konsumsi sangat mempengaruhi orang yang mencoba menaikkan berat badan. Harus benar-benar menjaga jenis makanan apa saja yang perlu di konsumsi dan yang perlu di hindari. Misalnya makanan-makanan yang tinggi kandungan gula, memang dapat dengan mudah meningkatkan asupan kalori harian tapi juga dapat meningkatkan resiko kesehatan, seperti penyakit diabetes.


Menambah berat badan dengan cepat dan aman, sebagai berikut:

1. Makan Sesering Mungkin

Makanlah dengan porsi kecil tapi berkali-kali, setidaknya 4-6 kali sehari dapat meningkatkan jumlah asupan kalori. Ngemil ketika kamu sedang makan juga bisa meningkatkan jumlah asupan kalori, tapi jangan sampai ngemil camilan yang mudah membuat kenyang.


2. Latihan Beban

Latihan beban memang akan membakar kalori dalan tubuh, tapi jika kamu melakukan cara pertama dengan benar, kamu akan tetap mendapatkan asupan kalori yang lebih setiap harinya, selain itu juga dapat meningkatkan massa otot dan menaikkan berat badan tanpa lemak.

Untuk mendapatkan tubuh ideal tanpa lemak, sesorang perlu mengembangkan latihannya juga meningkatkan beban dan jumlah repetisi atau set secara perlahan mengikuti kemampuan yang terus meningkat di tambah memvariasi gerakan latihannya.

Olahraga secara teratur akan membakar kalori, jadi pastikan asupan kalorimu melebihi kebutuhan harian yaa!

3. Asupan Protein Yang Cukup

Untuk membantu memaksimalkan latihan, protein yang cukup sangat di perlukan bagi pertumbuhan otot-otot tubuh. Dengan latihan beban secara teratur dan dikombinasikan asupan protein yang cukup akan membantu menaikkan berat badan yang sehat tanpa timbunan lemak.

Makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur, dada ayam, daging, kacang-kacangan, ikan dan masih banyak lagi.


4. Makan Makanan Tinggi Serat, Karbohidrat dan Lemak Sehat

Untuk membantu menginkatkan jumlah asupan kalori dan nutrisi dalam menu harian, kamu perlu menyiapkan makanan yang tinggi serat, karbohidrat dan lemak.

Makanan tersebut akan menjaga energi kamu selama rutinitas olahraga, ini juga membantu pembetukan otot yang maksimal. Penting untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu di hindari dan perlu dikonsumsi sesuai kandungan yang dibutuhkan. Kacang-kacangan, alpukat dan ikan adalah makanan yang paling di rekomendasikan dengan kandungan serat, karbohidrat dan lemak sehat dari pada makanan olahan.

makanan-untuk-menaikkan-beratbadan

5. Minum Smoothies

Orang dengan berat badan kurang biasanya mempunyai nafsu makan yang kecil, jadi smoothies adalah pilih yang baik karena lebih menarik di konsumsi dari pada makanan berat. Selain memiliki kandungan kalori yang tinggi, smoothies juga kaya dengan nutrisi dan tidak membuat perut merasa penuh.


Hal-hal yang perlu dihindari selama menaikkan berat badan

Selama mencoba manaikkan berat badan kamu, ada beberapa hal yang harus di hindari untuk memdapatkan basil yang maksimal. Di antaranya seperti berikut:

Hindari Lantihan Yang Berlebih

Latihan adalah hal yang penting untuk menambah berat badan, tetapi jangan berlebihan apalagi sampai membuat tubuh jadi terbebani. Idealnya latihan seperti kardiovaskular di lakukan sekitar 20 menit dalam rentan waktu 2-3 kali dalam seminggu. Latihan seperti kardiovaslular penting untuk tetap menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan otak.


Perhatikan Asupan Gizi

Kekurangan gizi dapat menghambat usaha kamu menambah berat badan, sangat penting untuk memperhatikan asupan yang di konsumsi dan jangan lupa minum air putih dengan cukup untuk membantu metabolisme dalam tubuh.


Jangan Menyerah Terlalu Cepat

Menambahan berat badan yang sehat memerlukan kesabaran dan tekad. Semuanya butuh proses, tidak mungkin bisa langsung mendapatkan hasil yang di inginkan secara instan. Setiap orang berbeda-beda, bisa saja orang tertentu membutuhkan waktu yang lebib lama karena berbagai faktor.

Disclaimer:

Pendapat yang dikemukakan dalam artikel ini adalah pendapat pribadi penulis. Kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan data, kelengkapan, kesesuaian, atau validitas informasi apa pun di artikel ini. Semua informasi disediakan atas dasar apa adanya pada saat artikel ini dibuat. Informasi, fakta atau opini yang muncul dalam artikel tidak dibuat untuk menyesatkan suatu pihak, melainkan untuk berbagi pengetahuan.

Untuk menghormati penulis, jangan berat tangan membagikan artikel ini kepada teman, sahabat dan keluarga. Terimakasih,