5 Cara Pola Hidup Sehat, Apa Saja Langkahnya?

Bagi sebagian orang pola hidup sehat terbilang menyebalkan.

Bagaimana cara hidup sehat yang kamu inginkan terpenuhi, sedangkan saat kamu sampai dirumah setelah melewati hari yang melelahkan, melihat sekantong keripik, gorengan atau permen tergoda untuk menyantapnya.


makanan-pola-hidup-sehat


Ngemil memang cara yang disukai banyak orang untuk menikmati saat bersantai, tetapi jangan melupakan kandungan yang ada pada cemilan yang kamu santap. Kandungan yang ada pada makanan ringan seperti cemilan biasanya mengandung tinggi gula dan kalori, belum lagi dengan kandungan bahan-bahan kimianya, jelas itu tidak akan membantu langkah pola hidup sehat.

Kamu sedang mencari cara atau tips hidup sehat untuk mengembalikan kesehatan yang kamu impikan atau ingin memulai rutinitas yang lebih sehat?

Ingin memulainya atau tidak sebenarnya bukan masalah, karena setelah kamu membaca tentang manfaat hidup sehat kamu bakal berubah pikiran.


langkah-pola-hidup-sehat

Berikut adalah lima tips untuk membantu kamu bisa memulai gaya hidup sehat!

1. Olahraga Setidaknya 150 Menit Seminggu

Berolahraga setidaknya 150 Menit seminggu atau tiga kali dalam satu minggu akan membantu tubuh kamu tetap bugar dan lebih sehat. Aktivitas fisik yang cukup sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit terutama jantung dan stroke, dan juga untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Dilansir dari American Heart Association bahwa latihan 150 menit satu minggu yang setara dengan sekitar satu jam, tiga kali dalam seminggu. Kamu juga bisa berolahraga cuma 15 menit sebelum melakukan aktifitas dipagi hari jika kamu belum terbiasa meskipun hanya gerakan-gerakan kecil. Dengan melakukannya selama 15 menit setiap harinya dapat membantu kebiasaan baik ini.

Diawal memulai sudah pasti kamu merasa kesulitan bahkan hanya untuk bangun dari tempat tidur kamu akan tetapi kamu bisa memotivasi diri kamu sendiri dengan merencanakan latihan yang sedikit menyenangkan seperti senam ringan, yoga, lari kecil, atau bahkan taichi yang direkomendasikan oleh pakar kebugaran dan kesehatan mental.

Begitu kamu sudah menjadi aktif dengan teratur, aktifitas olahraga tersebut akan membuat kamu merasa lebih berenergi dan lebih tenang menjalani aktifitas lainnya. Terlebih lagi kebiasaan tersebut juga dapat melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang ada didalam tubuh yang juga berperan besar untuk mengontrol tingkat kesetresan.



2. Minum Air Yang Cukup

Minum air yang cukup memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Minuman yang alami seperti mineral yang bebas kalori lebih baik untuk kesehatan dari pada minuman yang tinggi gula seperti soda dan jus.

Terdapat berbagai manfaat air putih bagi kesehatan kamu meliputi:

  • Dapat membersihkan racun dari tubuh
  • Dapat mengontrol kalori dalam tubuh
  • Dapat memberikan energi pada otot
  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Perlu diingat bahwa disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas perhari untuk bisa mendapatkan manfaat dari minum air putih secara teratur.



3. Sering Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan antioksidan. Nutrisi yang cukup dapat memberi kamu energi selama beraktifitas. Sedangkan antioksidan bermanfaat untuk menjaga kesehatan seperti kesehatan mata, kesehatan kulit dan terutama sistem kekebalan tubuh.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) sangat menyarankan untuk makan buah dan sayuran dengan cukup sebagai bagian keharusan dari aktifitas diet yang kamu lakukan untuk mengurangi risiko penyakit, seperti beberapa jenis kanker, penyakit jantung, maupun stroke. Disarankan untuk makan lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran yang bervariasi disetiap menunya.



4. Menaikan Mood Hati Kamu

Mood kamu juga bagian yang penting dari kesehatan dan kesejahteraan mental kamu. Jika mood kamu sedang buruk, kamu akan sering menjumpai efek dan kejadian yang negatif dalam interaksi dengan orang lain atau aktifitas kamu sehari-hari. Kontrol bagaimana mood kamu setiap harinya sehingga kamu bisa lebih menyesuaikan dan memilih gaya hidup kamu.

Untuk membantu menaikan mood, kamu dapat melakukan aktifitas berikut:

  • Tidur yang cukup yaitu 7-8 jam setiap hari
  • Terlibat dalam kegiatan sosial yang menyenangkan juga dapat membantu mengontrol mood
  • Olahraga secara teratur seperti yang dibahas sebelumnya
  • Kamu dapat mengatur jadwal dengan konseling profesional jika diperlukan
  • Meluangkan waktu untuk bersama orang yang dicintai


5. Mengelola Tingkat Stress

Mengontrol tingkat stress dapat membantu mempertahankan pola hidup yang seimbang dan sehat. Jika kamu sedang dalam keadaan stres, pastikan untuk mencoba bersantai setelah kamu mengalami hari yang melelahkan. Kamu bisa mongtrol stres dengan mendengarkan musik yang energik atau musik yang menenangkan, bermeditasi, membaca, berolahraga, dan bisa juga dengan menonton acara komedi.

Intinya jangan terlibat dengan hal yang dapat mengundang kesedihan, ini akan membantu tubuh kamu melepaskan hormon endorfin dan merangsang perasaan bahagia serta nyaman.

Kamu akan segera menyadari bahwa banyak dari kebiasaan sehat yang sudah dipaparkan tadi akan berjalan beriringan. Sangat penting melakukan semua langkah tadi untuk membangun hidup yang lebih sehat dalam semua bidang kehidupan. Artikel tips hidup sehat ini dibuat agar memicu kamu untuk dapat menjalani hidup lebih maksimal lagi!

Baca juga: